Pages

ARTIKEL TERBARU

PERCOBAAN 5 EKOR MONYET, HASILNYA MENCENGANGKAN

PERCOBAAN 5 EKOR MONYET HASILNYA MENCENGANGKAN

(Cerita Gambar)


Satu kelompok ilmuwan (wati) , melakukan percobaan.  Mereka melakukan Percobaan 5 ekor monyet, yang hasilnya mencengangkan.

Para ilmuwan tadi menempatkan 5 ekor monyet (monkey) dalam sebuah kandang, dan ditengah kandang tersebut diletakkan sebuah tangga dengan pisang di atasnya.
 

Tau sendiri kan, gimana kalau monyet lihat pisang ?
Tentu saja para monyet itu pada berusaha naik tangga, untuk ngambil pisang.
Tapi setiap kali ada seekor monyet yang naik ke tangga untuk mengambil pisang, para ilmuwan menyemrotkan air dingin ke monyet-monyet lain (yang nggak naik tangga).
Para monyet yang tidak naik tangga jadi basah kuyup dan kedinginan ...




Lama kelamaan setiap kali ada monyet yang mencoba naik tangga, monyet2 lainnya menyerang monyet itu ...


Setelah itu, tidak ada lagi monyet yang berani naik tangga lagi ...  

Kemudian para ilmuwan memutuskan untuk mengganti salah satu monyet di dalam kandang, menukarnya dengan monyet baru.  Begitu masuk kandang, hal pertama yang dilakukan monyet baru (no 1) adalah naik tangga, mencoba mengambil pisang.
Tapi apa yang terjadi ? dia diserang 4 ekor monyet lama ...
Setelah mengalami beberapa kali serangan akibat mencoba naik tangga, akhirnya monyet baru tadi mahfum, bahwa naik taggga itu terlarang !  Meskipun dia nggak tau apa sebabnya ...


Lalu seekor monyet lama ditukar lagi dengan yang baru oleh para ilmuwan.  Begitu masuk kandang, monyet baru kedua ini juga langsung mencoba naik tangga untuk mengambil pisang.

Tapi apa yang terjadi ?
Dirinya diserang oleh 4 ekor monyet lainnya, termasuk monyet baru no 1. Setelah beberapa kali monyet no 2 ini pun sadar akan hal terlarang dalam kandang barunya: dilarang naik tangga.

Ketika monyet baru ke 3, penyerangan kembali terjadi akibat monyet baru no 3 mencoba naik tangga.
Begitu pula dengan monyet baru ke 4.

Sampai akhirnya monyet lama ke 5 digantikan monyet baru ke 5, artinya semua monyet lama sudah digantikan monyet-monyet baru.




Meskipun sekarang penghuni kandang adalah 5 monyet baru semua, yang notabene sama sekali tidak pernah tau dan mengalami disemprot air dingin oleh ilmuwan ketika salah satu diantara mereka mencoba naik tangga untuk mengambil pisang, namun penyerangan terhadap monyet yang mencoba naik tangga tetap terjadi.


Mungkin kalau ditanya "Kenapa kalian menyerang kawan kalian yang mencoba naik tangga" ?  mereka akan menjawab : "Saya nggak tau lho, tapi itu yang berlaku di sini" ...

Kok rasanya familiar ya ?  .. hahah :)





Pesan moral atau motivasi dari kisah di atas adalah :




Salam Nguk-nguk





Sekian & Terima Gaji






MR ASBUN





No comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

HUBUNGIN SAYA

DISCLAIMER

SPACE IKLAN :

ASBUNER NGARET BELI INI :

BLOG WISATA INDONESIA

BLOG WISATA INDONESIA
Tour Gajah Taman Nasional Way Kambas

Most Reading

Powered by Blogger.