Pages

ARTIKEL TERBARU

NASEHAT TERE LIYE, KOMUNISME, ENNY ARROW, & LAGU INDIA

NASEHAT TERE LIYE, KOMUNISME, ENY ARROW, & LAGU INDIA


Siapa Tan Malaka ? Silahkan Cari .. hahah :D. Sumber : di sini

NASEHAT TERE LIYE

Beberapa hari lalu, Tere Liye, pengarang belasan novel best seller, membuat status Facebook, yang kemudian menuai kontroversi, dan diikuti status pro kontra dari para warga sosial media.

Status Facebook Tere Liye yang menuai Kontroversi di Dunia Maya.  Sumber : di sini

"Indonesia itu merdeka, karena jasa-jasa tiada tara para pahlawan--yang sebagian besar diantara mereka adalah ulama-ulama besar, juga tokoh2 agama lain. Orang-orang religius, beragama.

Apakah ada orang komunis, pemikir sosialis, aktivis HAM, pendukung liberal, yang pernah bertarung hidup mati melawan serdadu Belanda, Inggris atau Jepang?
Silahkan cari.

Anak muda, bacalah sejarah bangsa ini dengan baik. Jangan terlalu terpesona dengan paham-paham luar, seolah itu keren sekali; sementara sejarah dan kearifan bangsa sendiri dilupakan."

****

KLARIFIKASI TERE LIYE ATAS STATUS FACEBOOKNYA


Setelah menuai kontrovesri, di mana banyak orang menghujat statusnya, Tere Liye memberikan klarifikasi lewat status Facebook di Page nya.

Demikian Penjelasannya :

 Klarifikasi Tere Liye.  Sumber : di sini 


Postingan ini kalau dibaca dengan baik, poin paling pentingnya adalah jangan melupakan peran ulama, tokoh2 agama lain sebagai pahlawan perjuangan kemerdekaan. Redaksionalnya memang jadi seperti menyerang jika dianggap menyerang. Tapi kalau semua orang mau jujur, terutama yang sangat keberatan dengan status ini, bukankah saat mereka membuat tulisan Tan Malaka, Sutan Sjahrir, dll, di media sosial masing2, mereka juga menafikan peran ulama, tokoh agama lain? Saat mereka membahas paham komunis, paham sosialis, seolah besar sekali dampak pemikiran tokoh2 paham ini dalam membentuk negara, melupakan peran pihak lain. Kemudian mereka tutup diskusi dengan juga menyuruh siapapun membaca buku sejarah jika tidak percaya? Saya simply hanya melakukan pola yang sama.

Saya tidak menulis: tidak ada komunis, dstnya. Yang saya tulis di sana, "silahkan cari", dengan demikian, semoga orang tergerak untuk membaca sejarahnya secara seimbang. Dari ratusan tahun perjuangan kemerdekaan di Indonesia, daftar ulama, tokoh2 agama lain, juga sangat-sangat banyak, dan kita bisa sama-sama melihat posisinya lebih baik. Baru dua hari lalu saya pulang dari tanah kelahiran Tan Malaka, Sutan Sjahrir. Berdiskusi dengan orang2 setempat, mencoba belajar banyak hal. Sy tdk sedang menghilangkan peranan kelompok tertentu, atau sedang antipati, saya hanya berusaha menyeimbangkan pemahaman. Itulah kenapa, status tersebut di tutup dengan: Jangan terlalu terpesona dengan paham-paham luar, seolah itu keren sekali; sementara sejarah dan kearifan bangsa sendiri dilupakan.
Kurang lebih demikian.


Membaca penjelasan itu, salah satu akunfacebook berkomentar kontra :



Hana Cho
Hana Cho Halo kak TeraLiyen ... Kalau masalah paham, bukankah paham-paham dalam agama yang diakui di Indonesia itu asalnya dari luar ya? Kalau mau menjaga kearifan lokal, jadilah manusia pithecanthropus erectus atau percaya kalau munculnya gagak hitam sebagai pertanda kematian
Kak TeraLiyen semangat ya buat ngelesnya ... Semangat buat membodohi pembaca ... Semangattttttt!!!


Rian Adhivira Prabowo
Rian Adhivira Prabowo Ngelesnya kurang cantik

Ferusta Nova Adi Pratama
Ferusta Nova Adi Pratama Go home you're drunk mas~

Demikian sebaliknya, ada akun Facebook yang pro mendukung :



Rez Tanara
Rez Tanara Pemahaman bacaan mereka masih rendah. Jadi terlalu cpt ambl kesimpulan dalam menanggapi statusnya.


Arman Al Hadi
Arman Al Hadi bener bang, mereka yg keberatan kurang mau berpikir.


Andi Imana
Andi Imana TERUS MENULIS BANG TERE LIYE...KAMI MENDUKUNGMU...



****

ANTARA TERE LIYE, JONRU, DAN ENNY ARROW

 Tak sah rasanya kalau nggak mengutip pendapat Pengamat Sosial Media Deny Siregar soal Status Tere Liye di atas.  Langsung aja cekidot :

Antara Tere Liye, Jonru, dan Enny Arrow.  Sumber di sini 


KOPI, KOMUNISME & ENY ARROW



 Status tentang Ngopi ini juga menyinggung soal Eny Arrow & Komunisme.  Sumber : di sini


Siapa sih Enny Arrow ? Silahkan cari .. hahah :D


***

LAGU INDIA


Tere Liye berasal dari bahasa India. Dan Ketika saya Ketikkan kata Tere Liye di Google maka
saya menemukan Tere Liye adalah Theme Song dari Film Veer Zaara – yang dibintangi oleh Sharukh Khan dan Preity Zinta. Dan arti Tere Liye adalah  – untukmu.

Ini tautan Youtube Lagu India dari film di atas. 


Boleh nonton sambil joget pegang tiang.  Sumber : kompasiana.com




 Sekian & Terima Gaji

MR ASBUN

No comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

HUBUNGIN SAYA

DISCLAIMER

SPACE IKLAN :

ASBUNER NGARET BELI INI :

BLOG WISATA INDONESIA

BLOG WISATA INDONESIA
Tour Gajah Taman Nasional Way Kambas

Most Reading

Powered by Blogger.